Saturday, 11 June 2016

CLUB SAINS KIR SMAN 1 KENDARI, CETAK BANYAK PRESTASI


(Persma-samansa) Prestasi yang kerap diraih siswa SMAN 1 Kendari tak terlepas dari club sains. Unit Organisasi di bawah OSIS ini yang berada di bawah naungan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) sekolah tersebut, telah memberikan kontribusi yang cukup besar.
Kelompok tersebut menjadi wadah siswa-siswi menampung siswa yang punya talenta untuk melahirkan prestasi akademik. Bukan hanya dibuktikan dengan kemampuan di sekolah, tetapi dari berbagai ajang lomba, siswa binaan yang telah dipimpin oleh 10 kepala sekolah ini selalu bisa unggul berkat club sains ini.
“Banyak sekali prestasi yang diraih anak-anak kami. Dalam semua bidang sudah pernah meraih prestasi,” ujar pembina club sains SMAN 1 Kendari, Drs Nafarudin.
Guru mata pelajaran fisika itu mengatakan, club sains baru terbentuk pada tahun 2003. Sebelumnya, SMAN 1 Kendari belum memiliki wadah untuk melakukan pembinaan bagi siswa yang berbakat.
“Pada tahun 2003 pada pelaksanaan olimpiade sains nasional di Balikpapan. Saat itu kami hanya asal tunjuk, sehingga hasilnyapun tidak maksimal. Namun setelah tahun itu kami mulai membentuk club sains, sehingga mulai ada kemajuan,” imbuhnya.
Saat ini club sains menjadi wadah dan memiliki andil besar dalam membangun kualitas peserta didik memiliki minat dan bakat. Club sains SMAN 1 Kendari terdiri atas beberapa bidang mata pelajaran yaitu matematika, kimia, fisika, biologi, astronomi, kebumian, komputer, ekonomi dan geografi.
Pembinaan  secara intensif  dilakukan setiap guru pembina bidang studi. Waktunya ditentukan pada hari Jumat dan Sabtu sore yang diikuti siswa mulai dari kelas X sampai dengan kelas XI.
“Para siswa diwajibkan memilih maksimal dua, sesuai dengan minat dan bakatnya namun untuk lebih fokus disarankan cukup 1 bidang saja ungkap pembina Olimpiade Fisika . Saat ini jumlah anggota club sains sebanyak 146 orang,” imbuhnya. Masih menurut Nafarudin, dengan adanya wadah ini para siswa telah terorganisir dengan baik. Selain menjadi wadah bagi siswa untuk memperdalam materi, ini juga menjadi tempat mempersiapkan siswa pada berbagai ajang lomba akademik khususnya di ajang olimpiade. Sesuai dengan visi sekolah “ Unggul dalam prestasi, teladan berdisiplin, anggun beretika dan berwawasan lingkungan yang dilandasi iman dan taqwa”
Namun katanya, selain bermanfaat untuk meningkatkan kualitas siswa, ini juga bisa memberi manfaat jangka panjang. Karena siswa yang mengikuti program tersebut memiliki kelebihan, khususnya kemampuan analisa atau logika berpikirnya.
“Mereka sering diperhadapkan dengan tes-tes soal Ujian Nasional, Soal seleksi masuk PTN sampai pada level olimpiade Kota, propinsi, nasional maupun level Internasional. Sudah pasti siswa yang pernah bergabung di club sains ini sudah matang dalam menghadapi level soal seleksi baik itu SBMPTN ,STIS,STAN atau sejenisnya serta kerap mewakili sekolah tentu memiliki mental dan psikologis yang baik.

“Para siswa yang tergabung di club sains sudah pasti memiliki kelebihan khusus. Dalam ujian nasional pun pasti mereka berbeda. Hal itu karena mereka sudah terbiasa dengan soal-soal tingkat tinggi,” pungkasnya.

1 comment:

  1. Oooo, githu toh caranya. dasar saya emang GAPTEK. Tepok jidat. Malu, tutup muka dalam Mukena aja akh... dasar aku ndesooo

    ReplyDelete