Wednesday 26 November 2014

OLIMPIADE SAINS NASIONAL



Olimpiade Sains Nasional adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing. Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO - International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002. Olimpiade Sains Nasional diadakan setiap tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

1. Sejarah Olimpiade Sains Nasional

Sejarah pelaksanaan OSN dimulai tahun 2002, saat Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Olimpiade Internasional Fisika. “Kala itu, sesuai dengan arahan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Indra Djati Sidi, bahwa kita harus siap melaksanakan kegiatan ini dan harus siap pula mencapai tiga sukses, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses peserta dan sukses prestasi. Three success itu berhasil dilaksanakan oleh tim Indonesia dengan perolehan 3 medali emas, dan 2 medali perak. Ajang ini diikuti oleh 72 negara di Bali. Kita mendapat kesan yang cukup baik di mata internasional. Dan olimpiade ini dibuka oleh Presiden RI, Megawati.” Tutur Suharlan, SH, MM. “Usai pelaksanaan olimpiade, tim pelaksana punya mimpi, mengapa kegiatan ini tidak dilaksanakan di Indonesia dan bersifat nasional,” lanjut Kasi Bakat dan Prestasi Direktorat Pembinaan SMA.



IPHO 2002, tonggak dimulainya OSN di Indonesia

            Kegiatan itu menurut Suharlan kembali, memperoleh respon positif dari Mendiknas saat itu, Malik Fajar. Ia berpesan pada rektor yang hadir di acara tersebut untuk berfikir cerdas, kalau perlu siswa tingkat nasional diterima di UMPTN dan mengambil anak-anak yang berprestasi dari ajang ini. Selanjutnya, mantan mendiknas meminta agar mulai tahun depan, SD, SMP, dan SMA melaksanakan olimpiade.
            “Kami kemudian berkoordinasi dengan Direktorat terkait, seperti SD, SMP dan SMA untuk menyusun langkah-langkah persiapan, mekanisme dan pelaksanaan, termasuk pembuatan logo, medali emas, perak dan perunggu, juga the best theory dan the best experiment. Saat itu pelaksanaannya belum begitu sempurna. Ajang bergengsi yang diikuti siswa SMA seluruh Indonesia ini, kemudian disempurnakan pada tahun 2003. Tahun itu pelaksanaan OSN sudah berkordinasi dengan SD, SMP dan SMA, kemudian disusul dengan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP).” Tambahnya.
              Seiring berjalannya waktu, timbul keinginan agar penyelenggaraan OSN tingkat nasional bergiliran di adakan di semua provinsi. Aturan-aturan yang ada di dalam SOP kemudian diberlakukan. Selanjutnya, OSN pun dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Tahun 2003 OSN dilaksanakan di Balikpapan, kegiatan ini sudah melibatkan SD, SMP, dan SMA, dan respon positif datang dari berbagai provinsi.
              Dari sinilah akhirnya perjalanan OSN terus berlanjut. Pada tahun 2004 berlangsung di Pekanbaru (Riau), kemudian tahun 2005 berlangsung di DKI Jakarta, tahun 2006 di Semarang, 2007 di Surabaya, 2008 di Makassar, 2009 kembali di Jakarta, tahun 2010 di Medan Sumatra Utara, dan tahun 2011 direncanakan akan diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara.

 
2. Bidang Olimpiade Sains Nasional

Untuk Jenjang SMA sendiri, pada awalnya bidang-bidang yang dilaksanakan adalah Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, dan Ekonomi. Pada tahun 2008 ditambahkan bidang Kebumian. Lalu pada tahun 2013 ditambahkan lagi bidang Geografi.

Sampai saat ini Olimpiade Sains Nasional telah dilaksanakan sebanyak tiga belas kali :
  1. OSN I tahun 2002 di Yogyakarta.
  2. OSN II tahun 2003 di Balikpapan, Kalimantan Timur.
  3. OSN III tahun 2004 di Pekanbaru, Riau.
  4. OSN IV tahun 2005 di Jakarta.
  5. OSN V tahun 2006 di Semarang, Jawa Tengah.
  6. OSN VI tahun 2007 di Surabaya, Jawa Timur.
  7. OSN VII tahun 2008 di Makassar, Sulawesi Selatan
  8. OSN VIII tahun 2009 di Jakarta.
  9. OSN IX tahun 2010 di Medan, Sumatera Utara.
  10. OSN X tahun 2011 di Manado, Sulawesi Utara tanggal 11-16 September 2011 SMA.
  11. OSN XI tahun 2012
    • Diadakan di Jakarta pada 2-7 September 2012.[2]
  12. OSN XII tahun 2013
    • SMA diadakan di Bandung, Jawa Barat pada 2-7 September 2013.[4]
  13. OSN XIII tahun 2014
    • untuk tingkat SMA akan diadakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

0 comments:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com

Post a Comment